Analisis Reaksi Pasar Modal Terhadap Peristiwa Stock Split Yang Ditunjukkan Oleh Abnormal Return Dan Trading Volume Activity (EKN-189)



ABSTRAK

Signalling theory menyatakan bahwa pemecahan saham akan memberikan informasi kepada investor tentang prospek peningkatan return masa depan yang substansial, sedangkan trading range theory menyatakan bahwa manajemen melakukan stock split didorong oleh perilaku praktisi pasar yang konsisten dengan anggapan bahwa dengan melakukan stock split dapat menjaga harga saham tidak terlalu mahal. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar modal terhadap peristiwa stock split yang ditunjukkan dengan adanya abnormal return, mengetahui besarnya reaksi pasar setelah peristiwa stock split dibanding dengan sebelum stock split dan mengetahui perbedaan Trading Volume Activity sebelum dan sesudah stock split. Obyek penelitian ini adalah perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2003 sampai dengan 2007. 


Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling method, sehingga diperoleh sampel sebanyak 53 perusahaan. Uji hipotesis menggunakan one sample t test, paired sample t test dan wilcoxon signed ranks test dengan tingkat signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar bereaksi kuat terhadap peristiwa stock split. Secara statistik abnormal return signifikan di bawah 0,05 pada hari -10 sampai dengan -7 dan pada hari -5 sampai dengan +10. Hasil paired sample t test menunjukkan tidak terdapat perbedaan reaksi pasar antara sebelum dan sesudah stock split dengan p value 0,21 > 0,05. Hasil wilcoxon signed ranks test menunjukkan tidak terhadap perbedaan Trading Volume Activity sebelum dan sesudah pengumuman stock split dengan p value 0,69 > 0,05. Hal ini terjadi karena pasar bereaksi kuat sebelum dan sesudah pengumuman stock split.

Kata Kunci   :    Stock Split, Abnormal Return, Trading Volume Activity.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download
×