Analisis Anggaran Dan Realisasi Biaya Produksi Pada Pt. Semen Tonasa Di Kabupaten Pangkep (EKN-188)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Dunia bisnis dewasa ini terdapat persaingan semakin ketat dan semakin maju cara-cara yang dikembangkan untuk mencapai tujuan dan sasaran secara efektif dan efisien. Dalam rangka inilah maka dikembangkan pemikiran dan pengkajian untuk mendapatkan cara-cara yang lebih baik guna menghasilkan produksi secara optimal, sehingga dapat mencapai sasaran secara tepat waktu, tepat jumlah, tepat mutu dengan biaya yang lebih efisien.

Salah satu faktor yang kerap kali menjadi pertimbangan penting untuk men-jalankan usaha dengan baik, terutama bila dikaitkan dengan masalah produksi adalah biaya produksi. Di dalam pelaksanaan produksi dari suatu perusahaan, biaya produksi merupakan salah satu variabel yang tidak boleh dilupakan. Terkendalinya biaya produksi ini akan merupakan salah satu kunci keberhasilan dari pengendalian produksi secara keseluruhan. 
 
Pentingnya masalah biaya produksi sehingga dapat dijadikan sebagai alat pengendalian produksi, maka hal ini perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan industri, khususnya industri semen pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep. Mengingat bahwa perkembangan bisnis semen dewasa ini cukup menggembirakan, selain itu produksi semen merek Tonasa cukup terkenal dan memiliki peningkatan penjualan yang cukup tinggi, oleh karena itu untuk menjaga eksistensi perusahaan agar tetap eksis dalam penjualannya, maka perusahaan perlu memperhatikan mengenai anggaran biaya produksi semen yang dikeluarkan oleh perusahaan, yang terdiri dari biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung serta biaya overhead pabrik.
Berdasarkan fenomena yang terjadi pada perusahaan, nampak bahwa produksi yang dilaksanakan di dalam perusahaan belum dapat mencapai sasaran dari pengendalian produksi, dimana biaya produksi tidak efisien sehingga berpengaruh terhadap laba operasional perusahaan. Tidak efisiennya penggunaan biaya produksi yang selama ini terjadi dalam perusahaan, nampak  dari biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik yang dikeluarkan, sehingga laba operasi yang diperoleh perusahaan tidak sesuai dengan yang ditargetkan. Faktor yang menyebabkan tidak tercapainya laba perusahaan khususnya pada biaya tenaga kerja, yakni meningkatnya penggunaan jam tenaga kerja langsung dalam produksi serta biaya-biaya overhead pabrik yang dikeluarkan oleh perusahaan. Sehingga dengan adanya fenonema tersebut maka upaya yang dilakukan oleh perusahaan adalah melakukan analisis anggaran dan realisasi biaya produksi pada PT. Semen Tonasa agar dapat dijadikan sebagai alat pengendalian biaya produksi semen. 

Penelitian ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Arimbi             Dwikasari (2009) dengan judul analisis anggaran dan realisasi biaya produksi pada PT. Nusasembada Bangunindo di Makassar, begitu pula dengan penelitian yang dilakukan oleh Ali Lira (2010) dengan judul : Analisis Varians Biaya Produksi sebagai alat Pengendalian Perusahaan PT. Tawon Jaya Makassar, dimana hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa biaya bahan baku dan tenaga kerja mengalami keuntungan, sedangkan biaya overhead pabrik nampak mengalami merugikan. Terjadinya selisih biaya overhead pabrik yang tidak efisien adalah disebabkan karena realisasi biaya overhead pabrik yang lebih besar daripada yang dianggarkan oleh perusahaan, sehingga terjadi varians yang begitu besar.

Dari latar belakang yang telah dikemukakan, maka penulis tertarik untuk mengangkat topik ini dengan memilih judul skripsi sebagai berikut : “Analisis Anggaran dan Realisasi Biaya Produksi Pada PT. Semen Tonasa  di Kabupaten Pangkep“.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download
×