Analisis Efektivitas
Pengelolaan dan Sistem Pengendalian Piutang pada PT. Pelabuhan Indonesia IV
(Persero) Cabang Terminal Petikemas Makassar.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pengelolaan dan sistem pengendalian
piutang yang diterapkan oleh perusahaan, untuk menganalisis kebijakan
pengelolaan piutang sehingga dapat mengurangi jumlah piutang tak tertagih (bad
debt). Metode analisis yang digunakan yaitu Analisis Receivable Turn Over
(RTO), Avarage Collection Period (ACP), Rasio Penagihan dan Rasio Tunggakan.
Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero)
Cabang Terminal Petikemas Makassar masih belum optimal dan efektif dalam
mengelolah dan mengendalikan piutang usahanya, hal ini dilihat dari perhitungan
ACP perusahaan yang hasilnya masih jauh dari standar hari yang ditetapkan
sebagai standar kredit perusahaan. Jika nilai ACP lebih kecil atau sama dengan
standar hari yang ditetapkan perusahaan, berarti pengendalian piutang dapat
dikatakan berhasil. Sebaliknya, jika beberapa pelanggan kredit melakukan
penunggakan atau melanggar standar kredit yang ditetapkan perusahaan atau
bagian administrasi / penatausahaan piutang belum melakukan tugasnya secara
optimal.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini
atau klik disini
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar