Penilaian Kinerja Keuangan Berdasarkan Analisis Rentabilitas Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kabupaten Jeneponto (EKN-186)

ABSTRAK 

Penilaian Kinerja Keuangan Berdasarkan Analisis Rentabilitas Pada PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) Kabupaten Jeneponto  

         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Jeneponto selama tahun 2005-2008 berdasarkan analisis rentabilitas. 

          Penelitian ini dilaksanakan di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Jeneponto. Model Penelitian yang digunakan yakni dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dilanjutkan dengan metode analisis data keuangan yang meliputi neraca dan laporan laba-rugi. 

          Metode Analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan Analisis Rentabilitas, dalam hal ini Rentabilitas yang digunakan adalah Rentabilitas Ekonomi dan Rentabilitas Modal Sendiri. 
          Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profit Margin nampak jelas terjadi penurunan dari tahun ketahun, tahun 2005 Profit Margin 55,48 % turun menjadi 31,87 % di tahun 2006. Demikian halnya dengan tahun 2007 dan 2008 terjadi penurunan dimana tahun 2007 dengan Profit Margin 25,61 dan tahun 2008 18,16. Faktor penyebabnya adalah karena Net Operating Income terjadi penurunan yang signifikan sementara Net Sales peningkatannya kurang signifikan. Sementara hasil perhitungan Turnover of Operating Asset nampak  cukup stabil (peningkatan yang relatif kecil), akan tetapi dari segi penggunaan asset terlihat  Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Jeneponto kurang mampu melakukan efisiensi, hal ini nampak dari Operating Asset yang digunakan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Dari perhitungan Rentabilitas modal sendiri pun terjadi penurunan dimana disebabkan oleh laba bersih yang diterima semakin kecil atau semakin menurun dari tahun ke tahun.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download
×