Analisis Pengaruh Modal Kerja Dan Likuiditas Terhadap Rentabilitas Pada Pt Semen Bosowa Maros (Dibimbing Oleh H. Syamsu Alam Dan H. Gamalca) (EKN-181)



ABSTRAK

Analisis Pengaruh Modal Kerja Dan Likuiditas Terhadap Rentabilitas Pada PT Semen Bosowa Maros
Penelitian ini dilaksanakan pada PT Semen Bosowa Maros yang berlokasi di Tukamasae Desa Baruga Kecamatan Bantimurung yaitu 45 km dari Makassar dan 10 km dari kota Maros.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah modal kerja dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas pada PT Semen  Bosowa Maros dan untuk mengetahui variabel yang lebih dominan mempengaruhi rentabilitas pada PT Semen Bosowa Maros. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear berganda dengan pengolahan data menggunakan SPSS 16.
 
Dari hasil pengujian statistik nilai t,  variabel modal kerja memiliki pengaruh siginifikan positif terhadap rentabilitas, namun memiliki pengaruh signifikan negatif atau berbanding terbalik pada variabel likuiditas terhadap rentabilitas. Sedangkan hasil uji f atau secara simultan diperoleh bahwa variabel modal kerja dan likuiditas secara bersama-sama mempengaruhi rentabilitas secara signifikan.

Dari hasil perhitungan analisis korelasi , diperoleh R = 0,777 artinya korelasi antara variabel modal kerja dan likuiditas terhadap rentabilitas sebesar 0,777. Hal ini berarti terdapat hubungan yang kuat antara ketiga variabel tersebut. Sedangkan hasil perhitungan analisis determinasi , diperoleh R2 = 0,603 Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 60 % Rentabilitas (ROA) dari PT Semen Bosowa Maros dipengaruhi oleh variasi dari kedua variabel independen yang digunakan, yaitu modal kerja ( X1) dan likuiditas ( X2) dan sisanya sebesar 40 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download
×