ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 1996 – 2003 (EKN-155)


Pembangunan  daerah  merupakan  bagian  dari  pembangunan  nasional. Pelaksanaan   pembangunan   daerah   melalui   otonom daerah   berdasarkan Undang-undang  No.  22   tahun  1999  dititik  beratkan  pada  pemerintahan Kabupaten.                    Dengan    alasan    pemerintahan      kabupatenlah     yang     langsung berhubungan dengan masyarakat.
Pembangunan daerah dimaksudkan untuk mendorong, memberdayakan masyarakat,        menumbuhkan prakarsa serta       meningkatkan   partisipasi masyarakat   dalam          rangka  membangun   daerahnya, dan   meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Pembangunan yang dilaksanakan daerah meliputi berbagai bidang, salah satunya pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses di mana  pemerintah daerah dan masyarakat mengelola sumberdaya yang  ada  dan  membentuk  suatu  pola  kemitraan  antara  pemerintah  daerah dengan sektor swasta untuk menciptakan lapangan kerja baru dan merangsang perkembangan  kegiatan  ekonomi  (pertumbuhan   ekonomi)  dalam  wilayah tersebut. (Lincolin, 1999:108).


Selanjutnya  menurut   Lincolin,   pembangunan   ekonom yang   akan dilaksanakan oleh daerah harus didasarkan pada potensi yang berasal dari daerah tersebut, guna menciptakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja sehingga masyarakat  merasa  diikutsertakan  dalam  membangun  daerahnya. Karena  tujuan  pembangunan  ekonomi  daerah  adalah  untuk  meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerja untuk masyarakat daerah. (Lincolin,1999:109).
Untuk meningkatkan peluang kerja bagi masyarakat, pemerintah daerah harus mampu membuat perencanan pembangunan, yang nantinya tenaga kerja dapat  terserap  disetiap  sektor  ekonomi.  Jika  kegiatan  perekonomian  dapat berjalan dengan lancar akan  memperoleh hasil yang maksimal dan memberi sumbangan yang berarti bagi pertumbuhan ekonomi.
Bila dilihat keadaan setiap sektor ekonomi selama periode 1996 dan 2000 terlihat bahwa setiap krisis ekonomi yang terjadi sangat mempengaruhi pertumbuhan setiap sektor ekonomi pendukung PDRB. Tahun 1996 dan 1997, semua  sektor  ekonomi  mengalami  pertumbuhan  positif.  Sebaliknya  pada tahun 1998 hampir semua sektor mengalami laju pertumbuhan negatif, kecuali Sektor Listrik, Gas dan Air Bersih. Laju pertumbuhannya sebesar 3,64%. Laju pertumbuhan  sektor  listrik,  Gas,  dan  Air  Bersih  yang  positif  memberikan indikasi bahwa listrik dan air merupakan kebutuhan penting dari masyarakat. Tahun 1999-2003 dengan membaiknya perekonomian, maka seluruh sektor berhasil bangkit dengan laju pertumbuhan positif kecuali sektor jasa.
Sektor  ekonomi  yang  berperan  terhadap  merosotnya  pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah antara lain sektor pertanian, sektor listrik dan sektor jasa-jasa. Pertumbuhan terendah dialami sektor pertanian.
Peranan  PDRB Kabupaten  Semarang  sudah  cukup  besar  dibandingkan  dengan  Kabupaten lain. Sama halnya dengan PDRB Jawa Tengah keadaan ekonomi di Kabupaten Semarang juga mengalami gerak yang  menurun. Penurunan terjadi di tahun 1998 karena krisis ekonomi. Tahun 1999 kembali mengalami kenaikan yang lebih baik.
Alasan di Kabupaten Semarang karena sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki PDRB cukup besar sumbangannya bagi propinsi. Hal  ini  terlihat  dalam  tabel  3,  dimana  PDRB  dari  tahun  ke  tahun  selalu mengalami peningkatan kecuali pada tahun 1998 yang mengalami penurunan karena  krisis  ekonomi.  Kabupaten  Semarang  juga  tidak  luput  dari  krisis tersebut mulai berbenah dan itu terbukti pada tahun 1999-2003, PDRB selalu mengalami peningkatan meski tidak dalam jumlah besar. Adanya peningkatan dari        tahun    1999-2003            menunjukkan bahwa     perbaikan         perekonomian Kabupaten Semarang semakin disempurnakan. Kabupaten Semarang sekarang ini   berusaha   untuk   terus   meningkatkan   PDRB   daerah   seiring   dengan pembangunan daerahnya yang semakin mantap dan perencanaan yang tepat, hal ini didukung pula dengan sumber daya manusianya
Target pertumbuhan ekonomi Kabupaten Semarang adalah peningkatan sektor industri, pertanian dan pariwisata (INTANPARI), dimana ketiga sektor tersebut memiliki  potensi. Akan tetapi jika dilihat dari angka PDRB untuk Kabupaten Semarang sektor  pertanian masih relatif kecil jika dibandingkan dengan sektor industri dan           pariwisata                               (jasa-jasa).            Pertumbuhan          yang ditetapjan sebesar 4% dalam perekonomian Kabupaten Semarang.
Untuk meningkatkan  pertumbuhan  ekonomi  di  daerah-daerah,  peran pemerintah   diperlukan  yaitu  dalam  pembuatan  strategi  dan  perencanaan pembangunan  daerah,  dengan  memperhatikan  pergeseran  sektor  ekonomi yang terjadi dari tahun ke tahun.
Pemerintah  daerah  harus  mengetahui  bagaimana  pengaruh  terjadinya perubahan   struktur  ekonomi  pada  pertumbuhan  ekonomi  daerah.  Untuk mengetahuinya,  pemerintah  harus  melakukan  analisis  terhadap  perubahan struktur ekonomi yang terjadi  di  daerah dengan membandingkannya dengan daerah yang lebih besar. Analisis ini digunakan untuk menentukan kinerja atau produktivitas perekonomian daerah, karena dalam analisis ini ada tiga bidang yang  saling  berhubungan   satu  dengan  yang  lainnya  yaitu  pertumbuhan ekonomi,  pergeseran proporsional,           dan            pergeseran        diferensial. (Lincolin,1999:139).
Guna mendukung analisis tersebut kita perlu melakukan penggolongan setiap kegiatan (industri) yang ada, apakah itu industri basic atau non basic, yaitu usaha mengukur konsentrasi dari suatu kegiatan (industri) dalam suatu daerah, dengan cara membandingkan peranannya dalam perekonomian daerah Kabupaten, dengan peranan  kegiatan (industri) sejenis dalam perekonomian daerah propinsi.
Dengan latar  belakang  masalah  tersebut  maka  penulis  tertarik  untuk mengadakan penelitian tentang ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 1996 – 2003”


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download
×