EFISIENSI PENGELOLAAN DANA DALAM RANGKA MENINGKATKAN RENTABILITAS PADA PERUM PEGADAIAN SUBERPUCUNG MALANG (EKN-22)


BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Pembangunan di segala bidang merupakan sasaran bangsa Indonesia dalam mewujudkan tujuan nasionalnya, yaitu masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Khusus dalam bidang ekonomi, sasaran yang hendak dicapai dalam jangka panjang adalah adanya tingkat ekonomi yang tinggi dan cukup mantap.

Seperti diketahui dewasa ini pemerintah sedang giat-giatnya membangun disegala bidang untuk meningkatkan bangsa dan Negara, baik dibidang materiil maupun spiritual. Dibidang materiil pemerintah mengadakan perbaikan pembangunan sarana fisik, pemerintah mengadakan perbaikan pembangunan sarana-sarana yang berhubungan dengan bidang materiil ini akan tercermin dengan adanya perkembangan perekonomian.
Dalam dunia maju saat ini, salah satu badan usaha milik pemerintah yaitu Perum Pegadaian dalam perkembangannya telah banyak melakukan andilnya ikut menopang laju pertumbuhan sektor ekonomi pada khususnya dengan segala pelayanannya sejak zaman colonial.

Perkembangan ekonomi yang pesat, menjadi alat bagi pihak Perum Pegadaian untuk turut serta membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dibidang ekonomi, terutama membantu dalam hal penyediaan atau memberikan pendanaan untuk dijadikan sebagai modal dalam melakukan usaha yaitu lewat jasa gadai , sedangkan atribut lain yang dimiliki oleh pihak Perum Pegadaian adalah jasa penaksiran barang ,jasa penitipan barang dan toko emas.

Sebagai badan usaha , Perum Pegadaian dalam perkembanganny tidak terlepas dari adanya tantangan-tantangan. Adapun yang menjadi salah satu tantangan dari perkembanagan Perum Pegadaian adalah tertahannya modal kerja yaitu dana dalam bentuk piutang sehingga mengganggu dalam kelancaran cash inflownya . Dari permasalahan tersebut menuntut pihak Perun Pegadaian untuk mengantisipasi setiap permasalahan yang akan dihadapinya dimasa yang akan datang , salah satunya dengan cara mengefisiensikan pngelolaan dana.



Karena dengan mengefisiensi dana, perusahaan dapat mengalikasikan dana tersebut untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan sehari-hari . Dan setiap pengeluaran biaya tersebut diharapkan dapat kembali dalam waktu pendek melalui hasil usaha untuk membiayai kebutuhan operasional perusahaan pada periode berikutnya . Dengan demikian dana tersebut akan teru-menerus berputar untuk kelangsungan hidup perusahaan .

Agar operasional perusahaan dapat berjalan lancar, persediaan dana harus cukup dalam arti dana tersebut harus dapat menutup biaya operasional perusahaan setiapharinya sesuaikebutuhan . Oleh karena itu perusahaan harus memperhatikan masalah modal kerja khususnya dana agar perusahaan dapat menentukan jumlah dana yang akan digunakan sehingga dapat dihindari adanya kekurangan maupun kelebihan dana yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan . Berdasarkan hal tersebut diatas , penulis berusaha mencarikan jalan keluar berdasarkan atas teori-teori yang telah ada, sehingga nantinya akan dapat memberikan masukan sebagai bahan dan pertimbangan bagi pengambil keputusan dalam perusahaan .

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas maka penulis merasa tertarik untuk memilih topic pembahasan yang berjudul : “EFISIENSI PENGELOLAAN DANA DALAM RANGKA MENINGKATKAN RENTABILITAS PADA PERUM PEGADAIAN CABANG SUMBER PUCUNG MALANG”.

1.2. Rumusan masalah
Modal kerja memegang peranan yang sangat penting guna memperlancar kegiatan operasi perusahaan. Sehubungan dengan keadaan diatas , apabila dikaitkan dengan situasi pada kantor cabang Perum Pegadaian Sumber Pucung Malang maka permasalahan yang timbul dari penelitian yang penulis lakukan adalah : “ Bagaimana cara mengelola dana agar tetap efisien sehingga dapat meningkatkan Rentabilitas ? “

1.3. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan pokok masalah yang ada di perum pegadaian Sumber Pucung Malang , maka tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah : “ Untuk mengetahui tingkat efisiensi pengelolaan dana yang ada di Perum Pagadaian cabang Sumber Pucung Malang setiap periodenya guna meningkatkan rentabilitas. “

1.4. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah
“ Sebagai sumbangan pemikiran atau masukan berupa evaluasi dan saran-saran yang bermanfaat serta sebagai alternatif dalam pertimbanagan pemecahan masalah efisiensi pengelolaan dana yang di hadapi perusahaan guna meningkatkan rentabilitas , juga sebagai penyempurna terhadap peneliti-peneliti berikutnya serta lerupakan pengalaman berharga bagi penulis karena dapat secara langsung mengetahui keadaan perusahaan yang ada dalam praktek”.



Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download
×