×

Penggunaan Sistem Du-Pont sebagai SALAH SATU Metode Untuk Menganalisis Tingkat Return Perusahaan dalam rangka Evaluasi Kinerja Keuangan (EKN-120)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Perkembangan dunia usaha mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Hal ini menyebabkan persaingan diantara para pelaku usaha juga semakin kompetitif. Persaingan usaha yang ketat terjadi ditengah kondisi ekonomi negara yang masih dalam kondisi perbaikan akibat krisis ekonomi yang melanda beberapa waktu, memberikan hadangan bagi pelaku usaha untuk berkembang. Suku bunga bank yang cukup tinggi, pengangguran semakin banyak, harga bahan bakar yang meningkat, daya beli masyarakat yang belum pulih, nilai tukar rupiah yang masih terus berfluktuatif serta keadaan keamanan dalam negeri yang masih belum kondusif membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat guna mempertahankan kelangsungan usahanya.




Pengusaha sebagai pemilik perusahaan harus terus semakin kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kinerja perusahaannya agar investor tertarik masuk dalam pengembangan usaha. Untuk mendukung kondisi usaha agar semakin baik, diperlukan juga dukungan pemerintah dengan senantiasa mengeluarkan kebijakan yang mendukung terciptanya iklim investasi yang semakin baik. Investor dalam rangka untuk menanamkan modalnya membutuhkan serangkaian informasi yang bermanfaat untuk mendukung pengambilan keputusan ekonominya, baik informasi yang berasal dari intern dan ekstern perusahaan. Laporan keuangan dapat menjadi sumber informasi bagi investor yang berasal dari pihak intern perusahaan.

Laporan keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban pihak manajemen kepada pemegang saham sebagai representasi dari aktivitasnya selama periode tertentu. Laporan ini dapat menjadi sumber informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengetahui kinerja dan menilai perkembangan yang dicapai perusahaan. Dari laporan keuangan diperoleh berbagai informasi yang berhubungan dengan perusahaan terutama yang berkaitan dengan posisi keuangan, kinerja perusahaan serta perubahan posisi keuangan. Informasi mengenai kinerja keuangan serta tingkat kesehatan perusahaan dibutuhkan oleh pemakai laporan keuangan karena sangat membantu dalam proses pengambilan keputusan ekonominya. Untuk mendapatkan informasi dari laporan keuangan dapat digunakan analisa laporan keuangan, yang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menilai kinerja dan memperoleh informasi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan pemakainya sebagai dasar pengambilan keputusan. Analisis laporan keuangan adalah seni untuk mengubah data dari laporan keuangan ke informasi yang berguna bagi pengambil keputusan (Van Horne & Waschowicz, 2005, h. 193).

Rasio Keuangan merupakan salah satu cara yang paling sering digunakan dalam analisa laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan suatu perusahaan. Faktor-faktor utama dalam rasio keuangan yang mendapatkan perhatian seorang analis keuangan adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan yang harus segera dipenuhi atau kewajiban jangka pendek atau likuiditas, juga dinilai kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka panjangnya atau solvabilitas. Faktor lain ialah kemampuan perusahaan dalam mengefektifkan penggunaan aset dihubungkan dengan aktivitas aset atau aktivitas dan tingkat profitabilitasnya atau kemampuan dalam menghasilkan laba. Penggunaan salah satu rasio keuangan di atas tidak dapat digunakan untuk menilai keseluruhan hasil kegiatan yang sudah dilakukan perusahaan. Untuk menilai kinerja keuangan suatu perusahaan perlu digunakan sejumlah rasio dan dilakukan penilaian secara bersama-sama. ROI dan ROE merupakan beberapa rasio profitabilitas dalam analisa rasio keuangan yang digunakan sebagai salah satu tolok ukur dalam menilai kinerja keuangan perusahaan. Rasio ROI dan ROE digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan.

Sistem Du-Pont merupakan suatu pendekatan yang dikembangkan oleh Du-Pont Company untuk mengukur tingkat efektivitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Sistem ini memberikan gambaran faktor-faktor yang saling berhubungan dan berpengaruh pada tingkat pengembalian atas investasi suatu perusahaan (ROI) dan tingkat pengembalian atas ekuitas (ROE) yaitu marjin laba bersih, perputaran total aktiva dan tingkat hutang suatu perusahaan. Dengan mengetahui dan memahami faktor-faktor tersebut, dapat membantu manajemen dalam memutuskan kebijakannya dalam rangka untuk meningkatkan tingkat pengembalian atas investasi dan ekuitas suatu perusahaan.

Industri rokok merupakan salah satu dari banyak industri yang ada di Indonesia. Industri rokok beberapa tahun ini mengalami kondisi yang cukup dilematis, khususnya di Indonesia. Di satu sisi, semakin meluasnya kampanye anti rokok didunia melalui Konvensi Internasional Pengendalian Produk Tembakau, makin ketatnya peraturan-peraturan tentang rokok, seperti pembatasan ruang gerak dalam beriklan, dibatasinya tempat-tempat umum untuk merokok, peringatan kesehatan pada setiap kemasan, pencantuman kandungan tar dan nikotin, kebijakan harga jual eceran dan tarif cukai yang naik, serta maraknya peredaran rokok ilegal yang tanpa cukai membuat industri rokok di negara ini semakin tertekan. Di sisi lain, industri rokok merupakan penyumbang penerimaan negara dari cukai paling besar serta mempunyai kemampuan untuk menyerap tenaga kerja yang cukup besar pula, ditengah meningkatnya tingkat pengangguran di Indonesia. Selain itu rokok sebagai produk industri rokok, juga telah menjadi gaya hidup yang telah berakar cukup kuat di masyarakat, bahkan dapat disebut masuk dalam “norma sosial” masyarakat. Keadaan-keadaan tersebut, menjadikan industri rokok dan produknya, menjadi kontroversi di kalangan masyarakat dan pemerintah. Industri rokok dan produknya, dikategorikan musuh karena dampaknya terhadap kesehatan masyarakat, sekaligus menjadi kawan karena industri ini menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat dan pemerintah melalui lapangan pekerjaan dan cukainya.

Ditengah kontroversi mengenai industri rokok tersebut di atas, PT. Gudang Garam Tbk, yang merupakan salah satu perusahaan besar termasuk industri rokok, harus dapat memberikan gambaran bahwa industri ini dapat memberikan prospek yang bagus di masa depan, khususnya kepada para pemilik saham. Hal ini menjadi tugas manajemen PT. Gudang Garam Tbk untuk dapat mewujudkan lewat perencanaan perusahaan. Dalam rangka mendukung perencanaan perusahaan, manajemen PT. Gudang Garam Tbk membutuhkan informasi yang dapat memberikan gambaran mengenai kondisi perusahaan, terutama kondisi keuangan perusahaan. Laporan keuangan dapat menjadi sumber untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi keuangan PT. Gudang Garam Tbk dengan tepat dan akurat. Penggunaan rasio keuangan dalam analisa laporan keuangan diharapkan dapat membantu manajemen PT. Gudang Garam Tbk untuk mengetahui kondisi perusahaan, terutama tingkat kinerja keuangan perusahaan, dalam kurun waktu tertentu berhasil atau tidak dalam pengelolaan perusahaan. Untuk memahami tingkat return PT. Gudang Garam Tbk yaitu tingkat ROI dan ROE nya, dapat dianalisa lebih lanjut menggunakan Sistem Du-Pont, yang berguna untuk memahami faktor-faktor yang berhubungan dan berpengaruh terhadap kemampuan perusahaan untuk memberikan keuntungan terhadap investasi dan ekuitas dari pemilik atau pemegang saham.
Berdasarkan latar belakang di atas peneliti mengambil judul “Penggunaan Sistem Du-Pont sebagai Salah Satu Metode untuk Menganalisis Tingkat Return Perusahaan dalam rangka Evaluasi Kinerja Keuangan Perusahaan” ( Studi pada PT. Gudang Garam Tbk. )

B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan yang akan diteliti adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana gambaran keadaan kinerja keuangan PT. Gudang Garam Tbk, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir (tahun 2003-2005) ?
2. Bagaimana tingkat ROI dan ROE PT. Gudang Garam Tbk, jika dianalisa dengan Sistem Du-Pont ?

C. Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah:
1. Untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan PT. Gudang Garam Tbk, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir (tahun 2003-2005).
2. Untuk mengetahui tingkat ROI dan ROE PT. Gudang Garam Tbk jika dianalisa menggunakan Sistem Du-Pont.



D. Kontribusi Penelitian
1. Kontribusi Akademis
a. Bagi Peneliti
Dapat menambah ilmu pengetahuan serta pengalaman dalam menganalisa permasalahan yang terdapat dalam perusahaan.
b. Bagi Masyarakat
Dapat memberikan informasi bagi pembaca sebagai bahan study dan referensi serta pihak lain yang mengadakan penelitian lebih lanjut yang sesuai dengan bahasan pada penelitian ini.
2. Kontribusi Praktis
a. Bagi Perusahaan
Dapat memberikan sumbangan berupa masukan atau pemikiran dalam bentuk saran-saran yang bermanfaat dalam peningkatan perbaikan di masa depan.

E. Sistematika Pembahasan
BAB I PENDAHULUAN
Bab yang memuat pengantar bagi penelitian ini seperti latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, kontribusi penelitian serta sistematika pembahasan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Bab yang menjelaskan teori yang menjadi dasar dalam membahas permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini, dan terdiri dari teori tentang Laporan Keuangan, Analisis Laporan Keuangan, Sistem Du-Pont, dan Evaluasi Kinerja Perusahaan.
BAB III METODE PENELITIAN
Menjelaskan mengenai Jenis penelitian, Fokus penelitian, Lokasi Penelitian, Sumber Data, Metode Pengumpulan Data, Instrumen Penelitian dan Analisis Data yang dipakai peneliti didalam melakukan penelitian.
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Menjelaskan mengenai hasil dari penelitian yang berisi tentang gambaran umum perusahaan yaitu PT. Gudang Garam Tbk, seperti Sejarah Perusahaan, Penawaran Umum Efek Perusahaan, Anak Perusahaan, Struktur Organisasi, Sumber Daya Manusia, Proses Produksi, Produk, Saluran Distribusi serta Laporan Keuangan Konsolidasi (Neraca dan Laporan Laba Rugi). Terdapat juga analisis data mengenai analisis rasio keuangan dan analisis Sistem Du-Pont terhadap ROI dan ROE PT. Gudang Garam Tbk, beserta interpretasi dan pembahasannya.
BAB V PENUTUP DAN SARAN
Bagian ini memaparkan tentang kesimpulan yang didapat dari penelitian yang sudah dilakukan serta saran-saran yang direkomendasikan untuk perusahaan yaitu PT. Gudang Garam Tbk.


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
Dapatkan Seluruh materi versi lengkap dalam format ms-word (*.doc) Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka , secara Cuma-Cuma alias GRATISSSSSS.

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Anda hanya mengganti biaya pengetikan sebesar Rp. 125.000,- per judul dan file-filenya akan kami kirimkan lengkap. (Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka).

Harga diatas kami anggap sama dengan jasa pengetikan jika anda menggunakan jasa pengetikan lain. Untuk konten tentu kami berikan GRATISSSSS.

Caranya?

Lakukan pemesanan via SMS dengan mengetik judul yang diinginkan dan KODE judul, kirim ke nomor

081 334 852 850 (Simpati)


atau
ke e-mail tesis_skripsi@yahoo.com

Cantumkan Kode Judul yang dipesan
Contoh : Analisis Kinerja Keuangan (EKN-31)

Lakukan transfer jasa pengetikan

Bank Mandiri
No. Rekening 144-00-1031019-8
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

bank BCA
No.Rekening 3180280374
a.n. Oskar Dedik Cristiawan


Tambahkan angka unik disetiap transfer, misalnya anda akan melakukan transfer Rp. 125.000 maka silahkan tambahkan angka unik dibelakang seperti menjadi Rp. 125.200.

Angka unik ini kami gunakan sebagai identifikasi transfer yang anda lakukan. untuk menentukan angka unik terserah anda, tapi kami sarankan gunakan tiga angka terakhir nomor hp anda.

Setelah melakukan transfer, konfirmasikan via sms.


File-file akan kami kirimkan via e-mail LENGKAP, TIDAK LEBIH DARI 1 X 24 JAM, dan jika menghendaki pengiriman dilakukan dengan jasa pengiriman, maka ada penambahan ongkos kirim sebesar Rp. 30.000,-


Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download