PENGENDALIAN PIUTANG YANF EFEKTIF DALAM USAHA MENINGKATKAN EFISIENSI MODAL KERJA PADA PERUSAHAAN SEPATU “SHANDY SURYA WIJAYA” (EKN-20)


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah
Sejalan dengan lajunya pembangunan dan roda perkonomian di Negara kita , terdapat perusahaan-perusahaan yang tumbuh dan berkembang dengan baik dalam hal kualitas maupun kuantitasnya, Semakin besar suatu perusahaan ,akan membawa dampak dalam pengelolaan Manajemennya. Untuk itu pihak menejemen perlu melengkapi dirinya dengan pengetahuan dan informasi yang akurat dan up to date , ini dimaksudkan sebagai alat Bantu manajemen dalam mengambil keputusan yang tepat terhadap masalah-masalah yang dihadapi perusahaan .



Laporan keuangan merupakan produk khir dari proses akuntansi, yaitu suatu proses pencatatan yang mengikhtisarkan transaksi-transaksi keuangan , yang disusun dan disaksikan sekurang-kurangnya setahun sekali untuk memenuhi kebutuhan sejumlah pemakai , yang dibuat oleh manajemen untuk memberikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Agar laporan keuanagan tersebut dapat memberikan gambaran yang jelas tentang posisi aktiva, kewajiban dan ekuitas pendapatan dan biaya yang trjadi pada tahun buku yang bersangkutan , maka laporan keuanmgan harus disusun dan disajikan dasar pada prinsip-prinsip akuntansi yang lazim. Di Indonesia dengan perpedoman pada Pernyataan Standart Akuntansi Keuangan (psak) . Laporan keuanagan yang disusun pihak manajemen pada umumnya terdiri dari : Neraca , Laporan Perhitungan Laba Rugi , Laporan perubahan Posisi keuangan , catatan dan laporan lain.

Di dalam neraca kita mengenal pos aktiva, salah satu elemen aktiva adalah aktiva tetapyang di dalamnya ada pos piutang. Seperti kita ketahui bahwa aktiva tetap mempunyai peranan yang cukup penting dalam perusahaan , karena hal ini selain fungsinya sebagai operasional asset , juga karena dana yang tertanm dalam aktiva tetap cukup besar dan terikat untuk jangka waktu lebih dari satu tahun . Berpijak dari hal tersebut aktiva tetap tentunya perlu mendapat perhatian dari pihak manajemen . Karena menyangkut dana yang cukup material nilainya dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun maka kesalahan dalam menilai , mencatat dan menyajikan aktiva tetap akan berpengaruh cukupmaterial dalam kewajaran laporan keuangan.
Berdasarkan dari keterangan diatas maka penulis memilih kajian sebagai bahan penulis yaitu : PENGENDALIAN PIUTANG YANG EFKTIF DALAM USAHA MENINGKATKAN EFISIENSI MODAL KERJA PADA PERUSAHAAN SEPATU “ SHANDY SURYA WIJAYA”

1.2 Rumusa Pnelitian

Bertilik tolak dari beberapa masalah yang dihadapiperusahaan ini, maka pembahasan ini akan difokuskan pada masalah perputaran piutang, karena piutang merupakan unsur modal kerja yang sangat mempengarui terhada[ besarnya modal kerja secara keseluruhan.
Berdasarkan hal tersebut di atas maka penulis memberikn rumusan masalah sebagai berikut :” Bagaimana cara meningkatkan perputaran piutang akan mendapatkan efisiensi modal kerja yang maksimal pada Perusahaan epatu ‘ Shandy Surya Wijaya” ?

1.3 Tujuan Penelitian

Pada umumnya segala penelitian yang dilakukan memounyai tujuan tertentu , dalam hal ini penulis bermaksud untuk mengethui bagaimn perusahaan ini menjalankan aktivitasnya . Berkaitan dengan hal di atas , maka dalam penyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan meningkatkan perputaran piutang dapat diperoleh efisiensi modal kerjayang maksimal.

1.4 Manfaat Penelitian
Pada umumnya hasil penlitian akan meberikan suatu manfaat, di mana manfaat ini adalah:
1. Bagi perusahaan, dapat dipakai sebagaibahan pertimbangan bagi pimpinan perusahaan dalam menentukan kebijakanmodal usaha dengan memperhatikan resiko-resiko yang mungkin timbul..
2. Bagi penulis sndiri penelitian ini dapat dipakaisebagai sarana untuk mempraktekan teori-teori yang pernah diterima dalam menghadapi masalah yang dialami oleh perusahaan sepatu ini.
3. Bagi pihak lain dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dan sebagai bahan tambahan penulis yang sejenis.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini



Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download
×